Energipos.com/Batubara/Bisnis

shadow

Gandeng Pelindo II, Pemprov Sumsel Benahi Angkutan Batu Bara

Palembang—Guna mengefisienkan pengangkutan batu bara, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggandeng PT Pelindo II. BUMN ini dipercayai untuk mengelola alur pelayaran sungai Musi dari hulu hingga hilir guna pengangkutan batubara dari bumi Sumatera Selatan.

Kerjasama ini diharapkan menjadi opsi angkutan batu bara Sumatera Selatan yang saat ini hanya mengandalkan kereta api rangkaian panjang ke Lampung. Sedang jalan darat maupun rel ganda ke Tanjung Api-Api hingga saat ini masih belum bisa diwujudkan.

“Untuk itu diperlukan pengelolaan dan pengaturan alur palayaran sungai Lematang sampai ke ambang luar. PT Pelindo diharapkan dapat membangun kelancaran distribusi angkutan batu bara,” ujar Alex Noerdin, Gubernur Sumsel dua hari lalu di Palembang. Tak hanya batu bara, kelancaran alur pelayan sungai Musi juga bermanfaat untuk pengangkutan sumber daya lainnya dari Sumsel agar dapat digunakan untuk kepentingan nasional maupun untuk diekspor. Selanjutnya hal ini akan meningkatkan PAD. Sedang Direktur Utama Pelindo II, RJ Lino mengatakan bahwa laut itu adalah angkutan yang paling murah.

“Jadi kalau hari ini kita bersepakat untuk membenahi sungai ini sehingga sungai ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk angkutan batu bara, saya kira ini pilihan yang sangat tepat,” ucap Lino. Kerja sama dengan pemerintah provinsi ini akan kita laksanakan dengan serius dan segera sehingga bisa betul-betul membantu pertumbuhan daerah ini.

“Jadi saya pikir ini adalah langkah atau keputusan yang sangat istimewa dan kita akan segera duduk bersama-sama untuk menangani ini segera,” pungkasnya.(ris/dbs)

Baca Juga