Energipos.com/Batubara/Kebijakan

shadow

Produksi Batubara 420 Juta Ton, 95 Juta Ton Untuk Domestik

Nusa Dua–Produksi batubara Indonesia diproyeksikan sebesar 420 juta ton per tahun. Setidaknya ini pada tahun 2014 dan 2015. Sebesar 95 juta ton diantaranya untuk domestik pada tahun ini.

“Kebutuhan dalam negeri menjadi prioritas, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Jadi kita melihat demand,” ujar R Sukhyar, Dirjen Minerba. Baru, sisanya sekitar 325 juta ton untuk memenuhi permintaan pasar di luar negeri. Kebutuhan domestik atau dalam negeri itu terutama untuk bahan bakar pembangkit listrik. Sisanya untuk keperluan lain, seperti batubara cair (coal liquid), untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar smelter dan sebagainya. Hanya saja, distribusi kebutuhan domestik tidak lagi berdasarkan transfer kuota yang dibagi rata kepada seluruh produsen batubara, namun disesuai dengan kebutuhan daerah serta kualitas batura yang dibutuhkan.

“Jadi produsen menyesuaikan dengan demand (permintaan),” papar R Sukhyar. Menurut R Sukhyar transfer kuota seperti tahun lalu pelik dan sulit dilakukan. Sehingga bagi produsen yang sudah mengikat kontrak dengan pembeli di dalam negeri tinggal meneruskan.

“Sedang produsen yang belum mengikat kontrak inilah yang kita berikan distribusi atau pembagian jatah untuk domestik,” ujar R Sukhyar.(ris)

Baca Juga