Energipos.com/Batubara/Korporasi

shadow

Cadangan Batubara Bukit Asam Cukup Hingga 100 Tahun

ENERGIPOS.COM, JAKARTA- PT Tambang Batubara Bukit Asam melaporkan hasil evaluasi dan perhitungan ulang perkembangan potensi sumberdaya batubara yang mencapai 8,27 miliar ton yang belum semuanya dikonversi menjadi cadangan.

ENERGIPOS.COM, JAKARTA- PT Tambang Batubara Bukit Asam melaporkan hasil evaluasi dan perhitungan ulang perkembangan potensi sumberdaya batubara yang mencapai 8,27 miliar ton yang belum semuanya dikonversi menjadi cadangan. Dalam rilis yang diterima energipos.com, penghitungan ulang sumberdaya dan cadangan batubara tersebut dilakukan untuk memenuhi ketentuan dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara dan Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara untuk data cadangan batubara, PTBA melaporkan jumlah cadangan saat ini sebesar 3,33 miliar ton yang tersebar diseluruh wilayah usaha pertambangan PTBA yang berada di wilayah Sumatera dan Kalimantan.  Jumlah cadangan batubara tersebut tidak termasuk cadangan yang berada di wilayah IUP di belahan kabupaten Lahat sebesar 2,48 miliar ton yang saat ini statusnya masih dalam penyelesaian masalah hukum melalui Komisi Pemberantasan Korupsi. Dengan demikian, dengan tingkat produksi batubara seperti saat ini yaitu sekitar 25 juta ton per tahun maka cadangan tersebut dapat menjamin produksi batubara PTBA selama sekitar 100 tahun. Sebagian besar atau 62,8% dari total cadangan tersebut merupakan batubara jenis sub-bituminous dengan kandungan kalori pada kisaran 4900-6400 kcal/kg ADB (air dried basis). Sedangkan batubara jenis bituminous ( >6400 kcal/kg adb) sekitar 3% dan lignit (<4900 kcal/kg adb) sekitar 34,2% (bh, foto; ptba).

Baca Juga